Indonesia | English

Presiden Joko Widodo Buka ISE 2018

oleh Noorfiya Umniyati,

Tangerang, November 2018.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi membuka perhelatan Indonesia Science Expo (ISE) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/11). “Kehadiran saya di ISE adalah untuk menyaksikan karya-karya besar para peneliti dan remaja. Inovasi-inovasi yang membuat kesulitan menjadi kemudahan. Inilah yang akan membuat Indonesia maju,” jelas Presiden Joko Widodo.

Menurut Presiden Joko Widodo, saat ini dunia berubah begitu sangat cepat. “Semua keterbatasan menjadi tidak relevan. Semua ketidakmungkinan bisa diterobos oleh ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi,” ujar Presiden.

ISE adalah pameran hasil riset karya anak bangsa sebagai kontribusi terhadap perkembangan iptek dan arah ilmu pengetahuan di Indonesia. Pertama kali dihelat pada tahun 2015, ISE tahun ini mengambil tema Celebrating Science and Innovation.”Tema ini dipilih dengan tujuan untuk mengomunikasikan atau memasyarakatkan apa yang telah dilakukan peneliti Indonesia dalam bidang riset dan manfaatnya bagi masyarakat luas,” ujar Laksana Tri Handoko, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Handoko mengungkapkan, ISE akan menjadi contoh nyata bahwa ada perubahan paradigma riset. “Penelitian bukan hanya untuk ilmu pengetahuan saja, namun juga untuk pengembangan ekonomi,” ujarnya.
ISE 2018 menampilkan pameran berbagai invensi dari kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga LIPI, serta industri.

Selain pameran, ISE 2018 akan menampilkan 12 konferensi ilmiah baik nasional dan internasional, 26 workshop dan talkshow, 10 Science Show, 6 sesi Science Movie, serta Youth Science and Innovation Fair (YSIF).
YSIF sendiri menampilkan 140 tim karya penelitian ilmiah dan inovasi remaja di bidang teknologi, yang merupakan finalis dan pemenang dari enam kompetisi sains nasional.selain itu juga diberikan penghargaan-penghargaan Peneliti Remaja Berprestasi Internasional dan LIPI Young Scientist Award (LYSA). (fza/ed: dig)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI