Indonesia | English

RADAR NAVIGASI

radar ppet

Radar Portable berbasis teknologi FMCW yang digunakan sebagai alat bantu navigasi kapal sewaktu berlayar. Radar ini merupakan kelanjutan dari protoype RADAR surveillance yang telah dikembangkan oleh Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET-LIPI) sejak satu dekade yang lalu. Dengan bentuk yang lebih kompak, sistem yang lebih terintegrasi, dan biaya yang murah, menjadikan suksesor untuk varian prototype sebelumnya.

 

 

RESEARCH ON MAGNETIC MATERIALS

Divisi komponen elektronik memiliki misi untuk melaksanakan R & D, rekayasa, aplikasi dan transfer teknologi di bidang bahan elektronik, bahan magnetik adalah salah satu subyek kegiatan penelitian dalam devision sejak tahun 1995, Latar belakang pertimbangan untuk kegiatan ini adalah:

 - Impor beragam perangkat dan komponen berbasis magnet yang dibutuhkan oleh industri listrik dan listrik dalam negeri.

-  Ketersediaan bahan baku untuk produksi magnet di dalam negeri.

- Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ini untuk mendukung industri sebagai dinding sebagai divisi lain di pusat.

 Fasilitas:

Untuk mendukung kegiatan penelitian pada bahan magnetik ini, devisi tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas yang diperlukan, pada saat ini, dibatasi untuk peralatan untuk sifat magnetik berbagai bahan magnetik (ferit, logam dan paduan), lunak dan keras, pada bulan Agustus 2000, Badan Akreditasi Nasional Indonesia (KAN) telah memberikan sertifikat akreditasi ke fasilitas pengujian ini (laboratorium magnetik) sebagai laboratorium penguji menurut Panduan BSN 01-1991 (ISO / IEC Guide 25). Jenis peralatan dan ruang lingkup akreditasi adalah sebagai berikut:

magnet ppet magnet ppet

 

 

Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC)

Rancang bangun sel dan modul surya berbasis zat warna yang dapat dibuat dengan biaya produksi yang jauh lebih murah dibanding sel surya sejenis silikon.   Kandungan lokal pada sel surya jenis ini juga sangat tinggi sehingga materialnya mudah didapatkan dan dikembangkan di Indonesia.

 

Mengapa DSSC ?

  • Proses Pabrikasi mudah dan tidak membutuhkan suhu tinggi/ high thermal budge.
  • Biaya produksi lebih murah sehingga cast competitive dan payback time lebih cepat.
  • Mampu bekerja dalam kondisi intesitas cahaya yang bervariasi.
  • Lebih fleksibel dalam menyerap cahaya dari berbagai sudut (angle of incidence).
  • Dapat dibuat dalam bentuk transparan. Fleksibel dan berwarna-warni sehingga sesuai untuk display maupun building integrated PV (BIPV).
dssc ppet dssc ppet
dssc ppet dssc ppet